Belajar Bisnis Saham Yang Mudah Dipahami Bagi Pemula

Saham merupakan salah satu investasi yang cuku populer di kalangan masyarakat. Sebab bisnis saham memiliki potensi keuntungan yang begitu besar, dibandingkan dengan instrument invetasi lainnya. Hal ini lah yang kemudian membuat banyak orang tertarik untuk menjalani bisnis saham ini. Namun diluar dari peluang untungnya yang besar, resiko berbisnis saham juga cukup tinggi, apalagi jika tidak didukung dengan pengetahuan yang cukup. Untuk itu pentingnya belajar bisnis saham terlebih dahulu sebelum memasuki bidang investasi saham.

Belajar Bisnis Saham Bagi Pemula

Untuk belajar tentang bisnis saham sebenarnya tidak sulit, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan terutama yang masih pemula. Berikut ini panduan dalam berbisnis saham yang mudah dipelajari dan akan membantu anda mendapatkan untung besar.

Ketahui Profil Resiko

Sebelum memasuki bisnis saham, ada baiknya jika anda mengetahui terlebih dahulu profil resiko. Yang dimaksud dengan profil resiko disini adalah apakah anda termasuk orang yang berhati hati ataupun nekat dalam berinvestasi. Hal ini karena jumlah saham yang ada di bursa efek sangat banyak, sehingga agar tepat dalam memilih anda harus mengetahui seperti apa karakter anda. jika anda termasuk tipikal orang yang nekat, maka anda bisa memilih investasi di saham-saham dengan kapitalisasi pasar menengah ataupun kecil. Namun jika anda termasuk jenis orang yang hati-hati, anda bisa mencoba investasi di saham-saham blue chip atau BUM. Hal ini karena saham-saham tersebut memiliki pergerakan yang lebih stabil dan likuid sehingga resikonya lebih kecil. Cara belajar bisnis inilah yang pertama kali harus dipahami bagi pemula dalam bisnis saham.

Tetapkan Tujuan Investasi

belajar bisnis

Setelah mengetahui profil resiko anda, maka tetapkan apa tujuan anda sebenarnya investasi saham yang anda lakukan. Apakah investasi tersebut untuk jangka pendek, menengah, atau panjang. Sangat disarankan bagi anda yang ingin menjalankan bisnis investasi setidaknya dilakukan hingga jangka menengah. Jika dikerjakan dalam jangka pendek, tentunya malah akan membuat anda rugi nantinya. Karena anda harus membayar untuk biaya broker dan lainnya. Dalam investasi saham, semakin panjang masa investasi yang anda lakukan akan semakin besar pula keuntungan yang didapatkan.

Tahu Waktu Yang Tepat Untuk Menjual Dan Membeli Saham

Dalam belajar bisnis online gratis, untuk investasi saham, sangat penting bagi pelaku bisnis untuk mengetahui kapan waktu yang tepat untuk menjual atau membeli saham. Jika anda mengetahui siklus yang tepat untuk menjual atau membeli saham, ini akan membantu anda untuk mennetukan langkah-langkah selanjutnya. Menurut sebuah analisa yang diklakukan, pada bulan Mei kebanyakan orang menjual saham yang dimiliki karena sedang musim liburan. Ini membuat harga saham cukup menurun. Anda bisa menjual saham anda sebelum harganya menurun. Sedangkan pada bulan September atau bulan Oktober, harga saham biasanya naik. Sehingga anda bisa membeli saham ketika harga saham masih rendah.

Jumlah Investasi

Setelah anda mengetahui waktu yang baik dalam berinvestasi saham, belajar bisnis online saham selanjutnya adalah mengetahui jumlah investasi. Jangan terlalu terburu-buur membeli saham dalam jumlah yang besar. Apalagi jika anda masih investor pemula dalam bidang saham, tentunya anda tidak ingin bukan jika mengalami kebangkrutan? Untuk itulah, poin penting ini yang harus anda perhatikan. Saat ini anda bisa bermain saham dengan bermodal Rp 2.000.000. bahkan ada beberapa sekuritas yang berskala kecil yang menawarkan investasi dengan modal Rp 500.000 saja. Lalu berapa jumlah investasi yang tepat? Sebaiknya anda menginvestasi 5% dari kekayaan yang anda miliki. Setelah anda memahami tentang belajar bisnis saham, maka barulah anda bisa menaikkan jmlah investasi anda secara berkala.

Lalu Bagaimana Cara Memilih Perusahaan Yang Tepat Untuk Menanam Saham?

Pilih Perusahaan Mana Yang Ingin Anda Investasikan

belajar bisnis

Poin penting dalam cara belajar bisnis saham adalah memilih perusahaan mana yang ingin anda investasikan. Anda bisa membuka website Bursa Efek Indonesia terlebih dahulu, disana nantinya ada daftar perusahaan yang sudah terdaftar. Darisana anda bisa menyeleksi perusahaan mana yang memiliki kinerja bagus dan sesuai dengan modal yang anda miliki. Sebagai pemula, anda bisa mengawali dengan membeli saham 1 atau 2 perusahaan saja.

Pilih Saham Yang Sudah Terbukti

Bagi anda yang masih pemula, jangan sesekali bermain saham di perusahaan yang memiliki kapitalisasi kecil ataupun perusahaan yang memiliki harga sama yang sangat fluktuatif. Jenis saham ini sangat mudah dimanipulasi investor-investor bermodal besar. Untuk itu akan lebih aman jika anda membeli saham yang sudah terbukti. Terbukti kinerja keuangan yang baik dan prospek yang bagus kedepannya. Setelah nantinya anda memiliki pengalaman yang cukup dalam belajar bisnis saham, anda bisa mengelola saham dari berbagai perusahaan.

Analisa Teknikal Saham

belajar bisnis

Tidak hanya melihat laporan keuangan dari perusahaan yang ingin anda tanamkan modal, namun anda juga perlu mengetahui bagaimana grafik saham perusahaan tersebut. Jika pergerakan saham perusahaan tersebut naik turun namun tidak terlalu ekstrim, anda masih dapat membeli saham yang ada di perusahaan tersebut. Perusahaan-perusahaan speerti ini biasanya memiliki saham yang stabil dan tidak terlalu rawan dengan spekulasi pasar.

Jangan Lupa Memantau Pergerakan Ekonomi

belajar bisnis

Saat bermain saham, jangan lupa pula untuk memantau bagaimana pergerakan ekonomi yang ada du dalam negeri maupun luar. Lihat bagaimana trend ekonomi yang ada saat ini dan kemudian prediksi bagaimana arah dari pergerakannya. Apakah nantinya beradadalam kondisi yang normal atau tidak. Situasi pasar saham selalu mengikuti pergerakan kondisi ekonomi, inilah mengapa penting bagi pelaku investasi saham untuk rajin memantau pergerakan ekonomi.

Melihat Sentimen Pasar

belajar bisnis

Sentiment pasar menjadi salah satu faktor yang sering berpengaruh pada naik dan turunnya harga saham. Sentiment ini biasanya muncul karena berbagai faktor, seperti trend dan kebijakan, baik itu dari dalam maupun luar negeri. Dari faktor dalam negeri, umunya dipengaruhi inflasi kebijakan pemerintah, suku bunga acuan, dan lainnya. Sedangkan faktor dari luar negeri, biasanya dipengaruhi faktr kurs Rupiah pada mata uang lain, pengaruh kebijakan Bank Sentral Amerika Serikat, dan indeks harga saham regional (Wilayah Asia)

Dengarkan Nasihat Broker/Pialang

Bagi anda yang masih pemula dalam belajar bisnis saham. Akan lebih baik jika and ameminta nasehat kepada broker atau pialang untuk dapat mengetahui apakah saham perusahaan yang anda inginkan mempunyai prospek yang bagus atau tidak. Biasanya pihak broker disini akan menjelaskan tentang analisa dari saham perusahaan yang ingin anda beli. Nantinya broker akan memberikan masukan apakah anda sebaiknya membeli saham perusahaan tersebut atau tidak.ini akan sangat membantu anda dalam menentukan langkah awal saat memulai bisnis saham,

Nah itu tadi tentang belajar bisnis saham yang bisa dipahami bagi pemain saham yang masih pemula. Pelajari dengan baik setiap detail panduan dalam bersaham sebelum memulai investasi. Jangan terburu-buru dalam mengambil keputusan karena ini akan sangat berpengaruh bagi masa depan investasi yang anda jalani.

Be the first to comment on "Belajar Bisnis Saham Yang Mudah Dipahami Bagi Pemula"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*