Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Franchise

Photo Of People Doing Handshakes

Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Franchise – Ada berbagai macam cara dan juga tipe yang dijalankan dalam dunia bisnis. Salah satunya adalah bisnis franchise atau dalam bahasa indonesia dikenal dengan nama waralaba.

Bagi kamu yang ingin terjun ke dunia tersebut. Harus paham dulu terkait kelebihan dan kekurangan dari bisnis ini. Agar tidak salah dalam mengatur planning ataupun usaha yang dijalankan.

Bisnis franchise – Pengertian dan Sistemnya

Group of People Watching on Laptop

Bisnis franchise atau disebut sebagai waralaba, merupakan sebuah bisnis yang dilakukan dengan cara pembelian hak atas intelektual atau disebut sebagai HAKI. Usaha franchise ini biasanya didefinisikan sebagai hak untuk menjual suatu produk, jasa, maupun layanan.

Dengan memanfaatkan nama ataupun brand. Sehingga fee dan juga royalty, merupakan kedua manfaat yang akan didapatkan baik oleh pemilik toko. Maupun orang yang menyewakan toko tersebut.

Ada banyak kelebihan dan kekurangan dari bisnis franchise ini. Sehingga dalam artikel ini akan kita ulas secara lengkap. Baik kelebihan maupun kelemahannya.

Kelebihan dari Bisnis franchise

People Sitting Indoors

Bisnis Franchise Sudah Populer

Pertama kita akan membahas mengenai kelebihan terlebih dahulu. Dari bisnis franchise terlaris ataupun bisnis franchise dari sisi makanan. Kelebihannya memiliki brand yang sudah dikenal.

Biasanya kegiatan waralaba memang memanfaatkan brand yang sudah populer di tengah masyarakat. Sehingga anda tidak perlu lagi membangun dari awal, dan juga mempromosikan dengan sistem, yang mungkin sulit untuk diaplikasikan.

Terutama banyak orang atau pembisnis yang mengatakan bahwa mereka mengalami kesulitan. Ketika mempromosikan produk yang mereka buat dari nol.

Tetapi berbeda dengan bisnis franchise, karena namanya sudah populer. Maka anda tidak perlu lagi memikirkan mengenai trik marketing atau strategi yang dilakukan. Ada banyak sistem yang bisa dilakukan atau dialihkan dengan meningkatkan toko yang anda miliki.

Dibandingkan untuk mempopulerkan brand. Anda tidak perlu lagi mengeluarkan biaya tambahan untuk marketing. Lebih mudah untuk mendapatkan konsumen baru .

Bisnis Franchise Memiliki Manajemen Bisnis

Keunggulan kedua yang bisa dirasakan. Jika memutuskan untuk melakukan bisnis franchise terlaris ataupun makanan yaitu manajemen bisnis, yang sudah terbentuk. Hal ini mungkin membantu para pelaku usaha ataupun pemula yang tidak terlalu paham.

Mengenai manajemen bisnis untuk bisa ikut usaha. Tanpa perlu mengeluarkan modal ataupun resiko terjadinya kegagalan manajemen. Salah satu keuntungan ini memang dimanfaatkan dengan baik oleh para pelaku usaha, di mana manajemen bisnis sudah terbentuk.

Sehingga anda tinggal mengaplikasikan program yang sama pada tokoh yang anda miliki. Tidak perlu lagi repot-repot memikirkan ide bisnis brand ataupun sistem bisnisnya. Karena hal tersebut sudah teruji di toko lainnya usahakan untuk mengimplementasikannya dengan maksimal. Di lokasi tempat anda usaha nantinya.

Kerjasama yang Jelas

Person Writing On Notebook

Keunggulan yang ketiga, dari adanya bisnis franchise kuliner ini tentu saja bekerjasama dengan banyak partner. Khususnya untuk pelayanan produk pasti anda membutuhkan faktor yang sangat banyak. Tetapi mencari partner sendiri merupakan hal yang tidak bisa disepelekan.

Karena seringkali para pebisnis terjebak untuk menemukan partner, yang ternyata tidak bisa memberikan kualitas yang cukup baik ataupun kualitas yang maksimal. Saat anda menjalankan bisnis waralaba ini. Segala sesuatu yang diperlukan mulai dari produk, bahan baku, sudah diatur oleh manajemen.

Sehingga tidak boleh berbeda. Mengingat para konsumen atau pelanggan hanya tahu, anda dan juga tokoh lainnya merupakan satu kesatuan yang sama. Sehingga tidak boleh ada fasilitas atau kualitas yang berbeda.

Kerjasama dengan berbagai bisnis untuk suplai bahan baku ini juga tidak perlu anda pikirkan. Hanya tinggal menjalankan dan juga menyesuaikannya. Carilah sumber daya manusia yang bisa membantu melakukan hal tersebut. Nantinya anda bisa menjalankan dengan lancar.

Manajemen Keuangan yang Teratur

Keunggulan terakhir yang bisa dirasakan dari bisnis franchise. Tentu saja dengan adanya bisnis ini maka sangat kuat untuk bisa melakukan manajemen keuangan yang maksimal. Sebagai mitra, anda juga tidak perlu pusing memikirkan manajemen keuangan.

Karena biasanya sistem bisnis dan juga keuangan yang ada pada produk tersebut. Sudah dijalankan dan disamakan di setiap tokonya. Walaupun usaha tersebut berjenis waralaba sehingga anda tidak perlu bingung memikirkan sisi manajemen keuangan.

Anda hanya tinggal melimpahkannya saja kepada sumber daya manusia, yang ahli di bidangnya. Umumnya bisnis franchise ini memiliki pengaturan manajemen yang sangat besar dan detail. Sehingga anda sudah bisa melangsung aplikasikannya ketika membeli brand tersebut.

Anda dapat membuka toko tersebut, dan tidak perlu pusing memikirkan siapa dan bagaimana jalannya keuangan. Apalagi jika mengalami kerugian dan keuntungan.

Kekurangan Bisnis Franchise

Black Calculator Near Ballpoint Pen on White Printed Paper

Selanjutnya kita akan membahas mengenai kekurangan, yang harus dihadapi saat anda memutuskan untuk melakukan bisnis franchise.

Bisnis Franchise wajib Membagi Keuntungan

Kekurangan yang harus anda alami jika memutuskan untuk bisnis waralaba. Yaitu adanya pembagian keuntungan. Sesuai dengan perjanjian di awal di mana bisnis ini, merupakan pembelian hak cipta.

Sehingga saat mendapatkan keuntungan tidak bisa dimiliki secara total 100%. Anda sebagai pemilik bisnis wajib membayarkan sebagian dari keuntungan, serta biaya kemitraan dengan begitu bisnis waralaba akan berjalan dengan baik.

Kemudian akan dilakukan atau diteruskan selanjutnya anda bisa menggunakan software akuntansi khusus, untuk mempermudah perhitungan pengeluaran dan pemasukan dari bisnis yang dilakukan. Mulai dari pengeluaran wajib atau pembayaran yang akan dilakukan kepada kemitraan. Dan juga pengeluaran sumber daya manusia atau karyawan.

Ketidakcocokan Mitra/Partner

Photo of a Woman Thinking

Terkadang jika anda melakukan bisnis atau usaha sendiri. Anda bisa memilih partner dan juga mitra yang bekerjasama dengan usaha anda. Terkadang ada beberapa mitra yang mungkin tidak cocok atau tidak sesuai dengan peraturan yang dijalankan pada perusahaan.

Namun jika sudah melakukan bisnis franchise, maka tidak ada yang bisa dilakukan selain bekerja sama dengan mitra yang sudah dipilihkan.

Reputasi Terpengaruh

Kerugian yang ketiga yaitu adanya reputasi bisnis yang seringkali mudah terpengaruh. apabila ada salah satu mitra dari brand yang anda naungi. kemudian terjadi sesuatu yang buruk pada salah satu toko, maka bisnis anda akan terkena imbasnya.

hal ini seringkali terjadi pada beberapa tipe bisnis yang mungkin saja mengalami kendala ataupun masalah. Sebenarnya kita tidak tahu, tapi dampaknya langsung berimbas pada omzet dan juga penjualan produk atau jasa yang anda lakukan.

jika sudah seperti itu tidak ada yang bisa dilakukan. kecuali anda melakukan terobosan untuk membuat selling point yang lain, sehingga menyelamatkan usaha yang anda miliki.

Kesimpulan Berbisnis

Calculator and Pen on Table

Kesimpulan dari waralaba sendiri memang sangat beragam. Ada kelebihan yang harus ditanggung dan juga ada kekurangan yang harus anda tanggung.

Kelebihan dan kekurangan ini sebenarnya bukan membatasi keputusan anda, akan bisnis. Namun lebih kepada pertimbangan apabila memutuskan untuk melakukan usaha ini.

Saat anda berbisnis pikirkan juga mengenai modal dan juga sistem usahanya. Jangan sampai ketika dijalankan anda baru menyesal. Sedangkan tagihan dan juga kerjasama bisnis franchise sudah terlanjur dilakukan.

Be the first to comment on "Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Franchise"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*