Promosi Produk Yang Efektif Untuk Pebisnis Sejak Start Up

Kata promosi produk pasti sudah sering sekali dilihat dan didengar setiap hari di sekitar Anda. Mulai dari obrolan teman atau keluarga, dari media cetak maupun media sosial internet. Tetapi tahukah Anda apa pengertiannya? Promosi sendiri berarti sebuah pengiklankan suatu produk atau merek yang tujuannya menghasilkan penjualan, dan menciptakan loyalitas merek atau brand. Promosi atau promotion ini tenyata termasuk dalam salah satu sari empat elemen dasar bauran pemasaran.

Dalam mempromosikan produk yang Anda lakukan mencakup metode komunikasi yang digunakan untuk memberikan informasi tentang produknya. Informasi yang Anda sampaikan dapat bersifat verbal dan visual. Tujuan dari promosi produk ini ialah untuk menarik calon konsumen. Tujuannya agar membeli atau mengkonsumsi barang Anda dan ini nantinya diharapkan dapat menaikkan angka penjualan.

Tak hanya itu kebanyakan orang melakukan promosi untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Adapun tujuan promosi produk yang amat menguntungkan bagi Anda. Yang pertama untuk menyebarluaskan informasi suatu produk kepada calon konsumen yang potensial. Untuk mendapatkan konsumen baru dan untuk menjaga loyalitas konsumen. Dan untuk menaikkan penjualan serta laba atau keuntungan.

Lalu untuk membedakan dan mengunggulkan produknya dibandingkan dengan produk competitor. Juga untuk branding atau membentuk citra produk di mata konsumen sesuai dengan yang diinginkan dan merubah tingkah laku dan pendapat konsumen tentang suatu produk.

Bagaimana Caranya Berpromosi Produk?

Ada banyak sekali jenis dan cara seseorang dalam melakukan promosi, dengan berbeda produk atau jasa maka akan berbeda pula cara dan media promosinya. Nah yang pertama, Anda dapat menerapkan cara prmosi produk secara fisik yang dilakukan secara diadakan di lingkungan fisik yang biasanya dilakukan pada acara atau event tertentu.

Acara atau event itu kebanyakan akan dilakukan pada suatu tempat seperti pameran, bazar, festival, konser, dan semacamnya. Anda dapat menawarkan atau promosi produk Anda lewat stand atau booth yang dibangun sendiri atau Anda juga dapat menjajakannya dengan cara berkeliling menjemput konsumen yang akan membeli produk Anda.

 promosi produk

Kelebihan dari jenis atau cara promosi secara fisik dan langsung ini ialah Anda akan dapat menjangkau langsung para calon konsumen. Mereka dapat secara langsung melihat produk atau jasa yang ditawarkan. Anda juga dapat langsung bertanya segala sesuatu hal mengenai produk atau jasa tersebut, dan dari pihak penjualnya. Hal ini terbukti banyak dimanfaatkan untuk membujuk dan merayu calon konsumen agar membeli produk atau jasa yang mereka tawarkan pada saat itu juga, hebatnya mereka bisa langsung membeli loh!.

Kelemahan dari Promosi Fisik

Setiap kelebihan tidak akan lengkap jika tidak didampingi oleh kekurangan atau kelemahan. Begitupiula pada jenis promosi produk secara fisik atau langsung ini. Kekurangan dari cara promosi secara fisik atau lansung yakni sangat terbatasnya jumlah calon konsumen. Hal ini dikarenakan waktu promosi hanya diadakan di lingkungan atau area tertentu seperti perkantoran, kampus, sekolah, dan semacamnya. Anda tidak bisa sembarangan berpromosi dan yang terpenting perhatikan pula etika berpromosi, tidak boleh tidak sopan dan bersifat memaksa.

 promosi produk

Yang kedua ialah promosi melalui media tradisional, yang dapat Anda ketahui media tradisional ini berupa koran, majalah, tabloid dan media elektronik lainnya. Kelebihan dari jenis atau cara promosi melalui media tradisional yakni dengan dapatnya Anda menjangkau lebih banyak calon konsumen daripada dengan promosi secara fisik. Mengapa demikian? Karena dengan menggunakan cara ini jangkauan promosi yang Anda lakukan lebih meluas dan melebar. Dan kekurangannya ialah membutuhkan biaya yang sangat besar, karena Anda harus melibatkan media-media besar seperti televisi, penyedia papan billboard, dan lain sebagainya yang pastinya ditarik tarif.

Ketiga, jenis promosi melalui media digital mencakup media internet dan social media atau jejaring social lainnya seperti whatsapp, line, Instagram, facebook dan lain – lain. Cara yang satu ini merupakan metode modern untuk berpromosi karena memungkinkan orang melihat produk atau jasa yang dipromosikan melalui teknologi terkini seperti ponsel atau laptop. Kini telah banyak para pengusaha yang sudah beralih menggunakan media digital sebagai strategi promosi mereka karena ini terbukti paling efektif untuk menjangkau konsumen setiap hari.

Kelebihan dari promosi yang menggunakan media digital yakni Anda dapat menjangkau orang secara sangat luas dengan waktu dan biaya yang efisien. Sedangkan kekurangannya akan ada banyak sekali kompetitor atau pesaing yang ikut bermain didalamnya. Dan ini menjadikan tugas  bagi pemasar yang cukup berat agar lebih kreatif lagi dalam berpromosi di media digital sehingga produk Anda lebih menarik calon konsumen dibandingkan kompetitor.

Strategi Promosi Produk yang Saat ini Banyak Digunakan apa ya?

Mengingat begitu banyaknya manfaat yang didapatkan melalui promosi produk, maka perlu Anda pertimbangkan agar bisa menentukan performa perusahaan Anda. Strategi promosi produk sendiri merupakan suatu kegiatan yang harus dilakukan untuk memperkenalkan produk secara lebih luas ke masyarakat. Ini dia terdapat 5 (lima) strategi promosi terbaik yang harus Anda lakukan untuk meningkatkan penjualan produk bisnis Anda.

1. Sosial Media

 promosi produk

Pertama, gunakan social media. Telah dijelaskan diatas bahwa social media merupakan alat  pemasaran yang paling ampuh karena hampir semua orang dari berbagai latar belakang menggunakannya. Dengan social media maka perusahaan Anda dapat menjalin interaksi secara luas dengan berbagai kalangan, dengan biaya yang murah dan visibilitas yang tinggi. Social media juga dapat menjadikan perusahaan Anda memiliki peluang besar untuk terjual karena Anda dapat memilih komunitas yang sesuai guna memasarkan produk Anda.

2. Free Sample

Kedua, dengan menawarkan produk Anda secara gratis. Cara yang satu ini juga dianggap sangat ampuh untuk menjaring konsumen. Karena sesuatu yang gratis akan sangat sulit dilewatkan begitu saja.  Alasan lainnya mengapa strategi ini dianggap perlu diterapkan pula dikarenakan seringkali costumer belum membeli sebuah produk. Karena mereka belum pernah mencoba produk tersebut. Strategi ini biasanya dilakukan pada sebuah perusahaan dengan mengadakan event. Bisa juga dengan langsung menawarakan sample gratis secara door to door kepada calon konsumennya.

3. Free Trial

Namun jika produk tersebut berupa jasa ataupun media digital maka perusahaan bisa menawarkan free trial atau mencoba gratis untuk menarik minat calon konsumen agar mengetahui sebuah produk. Ketiga, pilih tempat yang strategis yakni sesuaikan dengan target sasaran agar mudah untuk dijangkau. Dikarenakan dengan tempat penjualan yang strategis akan menjadikan produk Anda memiliki kemungkinan terlihat lebih tinggi.

 promosi produk

Sehingga tentu saja memicu penjualan yang tinggi. Misalnya saja, Anda membuka usaha fotocopy –an dan penjilidan maka Anda dapat berjualan di dekat area kampus.  Atau tempat sekolah yang tentunya akan membuat produk Anda cepat laku dan terlihat.

4. Insentif untuk Rekomendasi

Yang keempat, beri insentif untuk rekomendasi. Hal ini disebabkan karena sebuah produk akan terlihat bagus dan dapat dipercaya bila ada yang merekomendasikannya. Untuk mendapat sebuah rekomendasi atau testimony yang baik dari pelanggan  Anda yang telah memakai produk tersebut. Anda dapat memberi penghargaan berupa insentif yang menarik. Dengan adanya insentif yang diberikan maka secara tidak langsung perusahaan akan memenangkan dua pihak untuk sasaran marketing.  Yaitu pihak pelanggan yang loyal dan pihak calon pelanggan.

5. Jalin Hubungan yang Baik

Yang terakhir ialah menjalin hubungan baik dengan pelanggan. Jika pelanggan puas dengan pelayanan atau produk Anda. Mereka pasti akan berulangkali membeli produk Anda dan ikut menyumbang pemasukan secara rutin. Namun jika Anda tidak ingin kehilangan sebuah pembelian. Maka tidak ada salahnya Anda memberi penghargaan kepada para pelanggan yang loyal terhadap produk Anda. Anda dapat menanggapi masukan pelanggan dengan cara memberi hadiah secara langsung atas pembelian yang mereka lakukan.

Be the first to comment on "Promosi Produk Yang Efektif Untuk Pebisnis Sejak Start Up"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*