7 Investasi Modal Kecil yang Menguntungkan untuk Pemula

Image result for investasi modal kecil

Saat ini ada banyak banget investasi yang bisa kita coba. Karena banyak orang yang berpikir bahwa investasi perlu modal yang besar, maka banyak juga yang mengurungkan niatnya.Belum lagi ketakutan para calon investor untuk berinvestasi karena takut rugi dan modal yang cukup besar. Kamu harus segera menyingkirkan rasa takut itu ya, karena investasipun tidak akan berjalan dengan baik jika dibarengi dengan rasa takut. Maka dari itu, disini terdapat 7 investasi modal kecil yang menguntungkan untuk pemula.

Investasi Modal Kecil Logam Mulia

Investasi yang pertama ini memang sangat diminati oleh kebanyakan masyarakat Indonesia, karena sangat mudah dan cukup menguntungkan. Kamu hanya perlu mengeluarkan biaya murah dan pandai dalam menggali informasi harga pasar, jadi siapapun dapat memulainya kapan saja dengan satuan terkecil.

Dan jika kamu sudah beberapa tahun menekuni investasi ini, gunakanlah berbagai macam strategi agar bisa mendapatkan keuntungan yang besar. Misalnya dengan keuntungan klasik (menjual logam mulia saat harga di pasaran sedang tinggi). Dan hasil dari keuntungan tersebut bisa kamu bisa kamu gunakan untuk menambah investasi logam mulia lainnya.

Memang sih, jika dibandingkan dengan jenis investasi yang lainnya, investasi logam mulia ini keuntungannya lebih kecil, tapi risiko yang mungkin terjadi juga lebih kecil sehingga lebih aman deh. Harga logam mulia juga cenderung mengalami peningkatan yang stabil, sehingga aman banget untuk pemula yang mau mencoba investasi.

Investasi Modal Kecil dengan Menabung Logam Mulia di Pegadaian

investasi modal kecil dengan menabung logam mulia di pegadaian

Selain menjadi penyedia jasa untuk menggadaikan berbagai macam perhiasan atau logam mulia, Pegadaian juga memiliki produk yang sangat menarik yaitu menabung emas. Untuk menabung emas di Pegadaian sistemnya yaitu setiap nasabah yang berkeinginan menabung emas, maka sejumlah uang harus ditabungkan untuk selanjutnya akan dikonversi menjadi satuan emas dan patokannya yaitu harga emas batangan terkini.

Sebenarnya sistem ini sama persis dengan menabung uang di bank. Hanya saja yang tertera di buku tabungan bukanlah berupa uang, melainkan besaran emas yang berhasil kamu tabung. Selain itu, jika kamu ingin menjual emasnya juga bisa melalui Pegadaian. Emas yang ada di tabungan kamu akan dikonversi ke rupiah dan pihak Pegadaian akan memberikan harga yang sesuai dengan harga emas saat emas akan di jual.

Pegadaian juga memberikan layanan lainnya seperti menyediakan emas batangan fisik jika kamu menginginkannya. Tapi butuh waktu beberapa minggu agar pihak Pegadaian bisa menyediakan permintaan nasabah mengenai pengadaan emas batangan fisik

Investasi Modal Kecil dengan Barang Koleksi

Barang koleksi juga bisa menjadi investasi modal kecil yang menguntungkan untuk pemula. Kebanyakan orang memiliki benda-benda tertentu dengan jumlah yang cukup banyak dan punya nilai jual tinggi. Benda-benda tersebut bisa berupa uang logam, uang zaman dulu, kerajinan tangan, lampu gantung, batu permata dan lainnya. Memang sih ada beberapa orang yang bilang mengoleksi benda-benda tertentu di anggap ketinggalan zaman. Padahal jika kamu berani menjualnya, banyak banget kolektor berduit yang rela membeli barang koleksi tersebut.

Tapi kamu juga harus memperhatikan barang koleksi yang akan di investasikan apakah memiliki nilai jual tinggi kedepannya, mengingat investasi barang koleksi memang harganya belum pasti. Yang perlu diketahui adalah di dalam dunia kolektor suatu barang pasti akan memiliki nilai tinggi apalagi jika didukung dengan sejarah yang ada di barang tersebut. Nah, jika kolektor sudah berniat banget untuk membelinya, kamu bisa memasang harga tinggi lho.

Investasi Modal Kecil pada Reksa Dana

Investasi di reksadana dengan modal kecil

Saat ini sudah banyak banget masyarakat Indonesia yang mengetahui tentang reksa dana dan tidak sedikit dari mereka yang investasi di reksa dana ini. Potensi keuntungannya juga cukup besar asalkan kamu mengetahui berbagai informasi mengenai reksa dana. Modal akan di investasikan pada beberapa perusahaan jadi risiko rugi juga semakin kecil.

MI atau Manajer Investasi akan mengelola dengan baik modal awal yang kamu miliki. Dan MI ini diwajibkan untuk terbuka mengenai berbagai macam informasi yang ada dan harus mengumumkannya di surat kabar. Jangan lupa untuk pastikan memilih perusahaan yang tepat dengan reputasi yang baik .

Investasi Modal Kecil P2P Lending

Investasi modal kecil

Menjadi salah satu jenis investasi yang paling populer di kalangan masyarakat. Modal yang ringan yaitu mulai dari Rp 100 ribu aja, kamu udah bisa menjadikan P2P Lending sebagai investasi yang cocok banget untuk pemula. Sistemnya yaitu kamu sebagai pihak yang meminjamkan modal melalui platform ke beberapa usaha (umumnya UMKM).

Jika kamu berhasil meminjamkan modal, maka keuntungan yang akan didapat sekitar 20%, keuntungan ini bisa disebut sebagai hasil dari investasi yang kamu jalankan. Meskipun keuntungannya cukup besar, karena tidak ada jaminan maka risiko yang mungkin terjadi juga besar. Sangat penting memang untuk memilih perusahaan mana yang tepat dan kamu perlu mengetahui juga memahami berbagai kebijakan perusahaan tersebut. Maka secara tidak langsung inilah yang akan melatih kamu agar pintar memanfaatkan kesempatan untuk mengelola berbagai risiko yang mungkin terjadi pada investasi yang dijalankan.

Investasi  Saham Dengan Modal Sedikit

Dulu memang banyak masyarakat yang berpikir bahwa hanya investor dengan modal “kencang” aja yang bisa melakukan investasi di saham. Padahal bukan hanya investor besar aja yang bisa berinvestasi di saham, karena buat kamu yang punya modal minim juga bisa banget “memainkan” saham ini. Bagi pemula yang belum mengerti tentang saham juga bisa menyewa seseorang yang sudah ahli di bidang saham agar dapat membantu dalam membantu dan memilih investasi.

Saat ini membeli saham juga lebih mudah yaitu hanya dengan Rp 100 ribuan aja lho, murah banget kan? Dan juga jika kamu memiliki uang sekitar Rp 5 juta sudah bisa membuat rekening di broker saham dan mulailah berinvestasi disana. Sekecil apapun modal yang kamu tanamkan, sebaiknya pelajarilah terlebih dahulu strategi dengan baik, ingat kamu gak boleh ceroboh!

Investasi di Sukuk Ritel

Image result for sukuk ritel

Salah satu investasi yang termasuk obligasi syariah adalah Sukuk yang diterbitkan oleh negara secara retail. Maka dari itu Sukuk Ritel ini juga bisa disebut dengan Surat Berharga Syariah Negara Ritel. Investasi dengan modal minim tapi menguntungkan ya Sukuk Ritel ini jawaban yang tepat.

Minimal uang yang perlu kamu bayarkan untuk membeli Sukuk hanya Rp 1 juta aja. Ada beberapa bank yang menetapkan batasan-batasan untuk pembelian tapi tetap dengan harga yang terjangkau. Investasi ini juga aman karena sudah terpercaya selama bertahun-tahun dan dana kamu akan berkembang dengan baik.

 

Be the first to comment on "7 Investasi Modal Kecil yang Menguntungkan untuk Pemula"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*