Modal Kecil Tapi Untung Besar? Usaha Sablon Jawabannya

Siapa bilang untuk membuka suatu bisnis memerlukan modal yang besar? Padahal dengan modal kecil, kamu juga bisa mendapatkan untung yang besar. Salah satu bisnis yang modalnya kecil tapi memiliki untung besar adalah usaha sablon. Bahkan usaha ini bisa dijadikan sebagai sampingan untuk mahasiswa atau kamu yang sudah bekerja. Usaha ini juga tidak memerlukan lahan yang luas atau menyewa suatu toko, karena di dalam ruangan yang ukurannya gak terlalu besar pun, kamu bisa menyablon kok.

Konsumen Dari Usaha Sablon

Ada beberapa usaha yang target pasarnya terbatas, sedangkan usaha sablon target pasarnya tidak terbatas. Mulai dari konsumen yang menyukai kaos sablon satuan dengan desain sablon yang unik hingga konsumen dengan pembelian massal seperti seragam kerja, seragam sekolah, seragam untuk acara-acara tertentu, seragam panitia dan yang lainnya. Selain itu kamu juga bisa bekerjasama dengan beberapa distro atau membuka usaha sendiri di garasi rumah atau membuat toko online sendiri.

Info Bisnis Usaha Sablon

Image result for usaha sablon

Permintaan jasa sablon yang “membludak” di kalangan masyarakat ini ternyata ditandai oleh banyaknya factory outlet ataupun distro di Indonesia. Mulai dari perkotaan hingga daerah-daerah kecil saat ini sudah banyak ditemukan distro ini. Karena melihat besarnya prospek bisnis ini dan permintaan pasar yang ramai membuat usaha sablon makin banyak digandrungi oleh masyarakat baik sablon digital atau manual.

Sablon digital memang keuntungannya cukup besar tapi sablon manual juga keuntungannya gak kalah dibanding dengan sablon digital, asalkan kamu menyablon dengan teknik yang benar dan hasilnya bagus. Untuk kamu yang ingin menekuni usaha sablon ini, kita akan mengetahui informasi apa saja yang bisa jadi peluang untuk usaha sablon manual yang modalnya lebih kecil. Lantas apa saja ya hal-hal yang sangat dibutuhkan oleh pemula dalam menjalankan bisnis sablon ini? Maka dari itu yuk simak beberapa cara yang bisa kamu ikuti untuk membuat sablon dengan hasil yang bagus.

  • Proses Afdruk

Proses afdruk ini dilakukan sebelum kita mencetak suatu gambar atau desain di atas screen yang ada. Tujuan dari proses ini adalah saat menyapu tinta yang mau dituangkan diatas screen, maka tinta yang nantinya akan turun hanya sebatas pola ataupun bentuk desain yang sudah kita buat sebelumnya. Prosesnya juga gampang banget lho, yaitu:

Bersihkan screen dengan campuran air dan sabun, pastikan hingga benar-benar bersih dengan kain spon. Taruh screen di bawah sinar matahari dengan posisi berdiri agar screen benar-benar kering sempurna.

Langkah yang kedua yaitu oleskanlah secukupnya bagian depan dan belakang screen dengan obat stencil atau afdruk atau bisa juga photo emulsion screen. Agar hasilnya gak terlalu tebal, kamu bisa menggunakan bantuan penggaris ataupun kuas cat. Keringkan dengan kipas angin atau blower, pastikanlah tidak terkena sinar matahari sama sekali ya.

Siapkanlah film sablon yang sudah kamu buat, lalu tempelkan pada screen. Di proses ini, kamu bisa memilih salah satu yaitu penyinaran langsung dibawah terik sinar matahari atau lampu neon. Kalo kamu lebih suka yang praktis, bisa menggunakan neon.

Setelah proses penyinaran selesai, diatas screen yang diberikan obat kamu sudah bisa melihat gambar yang di inginkan. Setelah itu bersihkan obat afdruk yang menutupi gambar lalu siram dengan air dan pastikan sisa afdruk benar-benar tidak ada.

  • Proses Penyablonan

Beberapa hal yang perlu kamu perhatikan saat proses penyablonan, diantaranya yaitu:

Agar cat gak mengalir kemana-mana, plesterlah pinggiran gambar yang mau kamu sablon. Letakan campuran pasta warna dan pigmen warna. Agar gak tembus, berikan papan di dalam kaos. Untuk mengaplikasikan cat, gunakan rakel. Setelah itu kaos sudah bisa dikeringkan.

  • Proses Penghapusan Film

Penyablonan telah selesai, dan sekarang tugas kamu adalah membersihkan screen menggunakan air yang dicampur dengan obat pencuci screen, lalu gosok hingga bersih dan keringkan.

Kelebihan dan Kekurangan Usaha Sablon

Image result for usaha sablon

Dalam suatu bisnis pasti ada kelebihan dan kekurangannya. Maka dari itu sebelum memulai suatu bisnis, maka kamu harus mencari informasi terlebih dahulu apa saja kelebihan dan kekurangannya, termasuk usaha sablon ini. Kamu bisa memikirkan hal tersebut dengan matang, dan jika sudah dipikirkan kamu bisa langsung memulai usaha dengan giat. Yuk ketahui apa saja kelebihan dan kekurangan dari usaha sablon.

Kelebihan Usaha Sablon

Image result for usaha sablon

  • Modal yang Gak Terlalu Besar

Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa sablon digital memang lebih mahal modalnya tapi berbeda dengan sablon manual yang gak membutuhkan modal besar karena alat-alat yang digunakan cukup sederhana. Maka dari itu masih bayak pengusaha yang bertahan dengan sablon manual.

  • Banyak Diminati Masyarakat

Karena pasar yang selalu diminati masyarakat, maka bisnis sablon gak akan pernah mati. Tentunya hal ini juga tergantung dari kamu sebagai pembuat sablon apakah kualitasnya bagus dan sesuai dengan permintaan pelanggan.

  • Hasil Sablon yang Lebih Kuat dan Tahan Lama

Siapa nih diantara kalian yang berpikir bahwa sablon digital lebih awet karena lebih mahal? Ternyata kalian salah besar. Karena sebenarnya jika kamu menyablon manual dengan cara yang benar, hasil sablonnya akan lebih kuat dan tahan lama dibanding dengan sablon digital.

Kekurangan Usaha Sablon

Setelah kita mengetahui apa saja kelebihannya, yuk sekarang membahas tentang kekurangannya. Dengan mengetahui kekurangan suatu usaha, kamu akan mempertimbangan lebih dalam apakah mengambil usaha tersebut atau engga. Karena pada dasarnya setiap bisnis yang kita pilih pasti memiliki kekurangannya. Ini dia dua kekurangan dari usaha sablon:

  • Ada Banyak Saingan

Karena minat masyarakat yang begitu tinggi, gak heran sekarang ini banyak usaha sablon yang menjamur. Jika gak dibarengi dengan modal yang kuat dan promosi yang benar, kamu akan kalah saing dengan mereka.

  • Proses Sablon yang Cukup Panjang

Sablon manual membutuhkan waktu pembuatan yang cukup panjang dan akan menguras tenaga kamu. Berbeda dengan sablon digital karena hanya dengan waktu singkat, sudah bisa menghasilkan banyak sablon.

Strategi Pemasaran Usaha Sablon

Image result for usaha sablon

Dalam mengembangkan usaha sablon kaos pasti yang terpenting adalah strategi pemasaran. Kamu perlu memperluas relasi bisnis dan jangan lupa untuk promosi mengenai apa saja kelebihan yang ada dari hasil produksi sablon kaos kamu. Cobalah untuk bekerjasama dengan beberapa distro, event organizer, beberapa organisasi atau perusahaan agar bisnis sablon kamu semakin banyak dikenal. Belakangan ini juga banyak banget pasangan yang menyukai kaos couple, cobalah untuk menawarkan kepada mereka.

Modal utama dalam menjalankan suatu usaha adalah pantang menyerah dan berani mencoba hal baru. Setelah itu tingkatkanlah kualitas agar konsumen juga merasa puas dengan sablon hasil kamu. Jadi, selamat mencoba usaha ini ya!

 

Be the first to comment on "Modal Kecil Tapi Untung Besar? Usaha Sablon Jawabannya"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*